Batik Merak Body Painting

[Indobodypaining] - Kali ini Indobodypainting Bandung menghadirkan konsep "Batik Merak Body Painting" dalam private session (with model). Untuk keperluan job, rahasia client adalah prioritas kami. Biasanya bodypainting dalam sesi private session hanya untuk kebutuhan pribadi client.


Apa itu motif Batik?
Motif batik adalah kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.[2] Motif batik disebut juga corak batik atau pola batik. Motif batik tersebut dibuat pada bidang-bidang segi tiga, segi empat, dan/atau lingkaran.[2] Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain. Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang. Membatik merupakan tradisi turun menurun. Karena itu, sering motif batik manjadi ciri khas dari batik yang diproduksi keluarga tertentu

Batik adalah kekayaan budaya bangsa Indonesia. Ada ribuan motif batik yang telah diciptakan oleh para seniman di Indonesia.

Batik yang berkembang sebagai bagian dari kebudayaan Jawa, ternyata tidak hanya menyebar di bagian tengah dan timur pulau Jawa, tapi juga menjadi bagian dari kebudayaan Sunda di bagian barat pulau Jawa.

Batik yang berkembang di wilayah Priangan – yaitu daerah kebudayaan Sunda di Jawa Barat yang meliputi wilayah Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor – memang sedikit berbeda dibandingkan dengan motif-motif batik di Jawa.

Salah satu motif khas Priangan adalah “merak ngibing” atau “the dancing peacock” – motif yang sering ditemukan di daerah seperti Garut dan Tasikmalaya. Motif ini digambarkan dengan sepasang burung merak yang saling berhadap-hadapan dengan ekor yang mengembang seperti sedang menari.

Kesan dinamis, indah, dan sedikit genit dengan warna-warna cerah yang biasa digunakan pada motif merak ngibing ini melambangkan keindahan alam Priangan. Sedangkan “ngibing” yang artinya “menari / joget / dansa” menggambarkan kegembiraan yang rukun dan damai dalam budaya masyarakat Priangan.

Merak sendiri mewakili gambaran dunia atas, dunia dewa-dewa, yang melambangkan kesucian dan kebahagiaan. Seperti asal kata Priangan, yaitu “Parahyangan”, bahwa Priangan adalah tempat bersemayamnya pada roh leluhur dan dewa (hyang). Seperti yang diyakini dalam kebudayaan Sunda kuno bahwa para dewa-dewa bersemayam di tempat yang tinggi, yaitu di jajaran pegunungan yang membentang di bagian tengah Jawa Barat.

Search Alat Face Painting