Body Painting: Representasi Seni Warna-warni dengan Warna Cerah

 


[Indobodypainting] - Body Painting adalah salah satu bentuk seni paling menarik di dunia. Orang-orang menyukainya dan secara alami mereka tertarik padanya. Tubuh manusia yang ditutupi cat membuat kita penasaran dan menarik perhatian kita.

Setiap masyarakat besar memiliki setidaknya satu tradisi seni tubuh. Ada begitu banyak cara untuk menjadi manusia, dan banyak pandangan berbeda tentang keindahan. Terkadang, tanda identitas bisa meresahkan orang lain, namun memiliki makna yang sangat dalam.

Lukisan tubuh (bodypainting) adalah salah satu bentuk seni paling menarik di dunia. Orang-orang menyukainya dan secara alami mereka tertarik padanya. Tubuh manusia yang ditutupi cat membuat kita penasaran dan menarik perhatian kita.

Tidak ada gelar resmi untuk seni tubuh, meskipun ini merupakan bentuk seni tertua di dunia. Di mana Anda bisa mempelajarinya? Sekolah tata rias swasta menyelenggarakan kursus melukis tubuh, festival melukis tubuh internasional sering mengadakan lokakarya, dan banyak seniman memberikan lokakarya individu. Kemudian tentunya Anda bisa belajar dan berlatih sendiri atau mengikuti kelas privat.

Jenis ekspresi, pertunjukan, dan kepemilikan yang luar biasa ini ada di dua dunia paralel, yang satu adalah ritual dan tradisi lama yang membedakan kita sebagai manusia, dan yang lainnya adalah seni tubuh sebagai bentuk seni kontemporer.



Sejarah lukisan tubuh

Berapa banyak tradisi yang belum diketahui yang menunggu untuk ditemukan, atau disajikan kepada khalayak yang lebih luas?

Peradaban manusia selalu bermimpi untuk mencapai bintang-bintang, namun kita bahkan tidak menyadari semua kekayaan budaya yang masih tersembunyi di planet kita. Banyak dari tradisi magis ini yang menghilang. Beberapa diantaranya sudah punah. Ada yang indah, ada yang luar biasa, ada yang menakutkan, tapi semuanya pada dasarnya adalah warisan budaya manusia. Mereka adalah bagian yang sangat penting dalam sejarah kita dalam hal sejarah seni, studi gender, budaya ritual, perkembangan sosial, pandangan dunia, bahkan pemahaman tentang ruang dan waktu. Mereka harus tetap hidup setidaknya melalui pelestarian dokumentasi.

Dalam budaya barat, hanya ada sedikit ritus peralihan. Dalam dunia kesukuan, inisiasi merupakan bagian utama dari struktur sosial.

Bella Volen memisahkan perkembangan visual Body Art dan Body Painting menjadi 3 bagian.

Lukisan tubuh dengan tanah liat dan pigmen alami lainnya ada di sebagian besar, jika tidak semua, budaya suku. Sering dipakai saat upacara, bentuk ekspresi kuno ini masih digunakan di antara banyak masyarakat adat di dunia hingga saat ini. (Australia, Selandia Baru, kepulauan Pasifik, sebagian Afrika, India, Jepang, dan banyak lagi.)

Bentuk seni berbasis ritual lainnya termasuk tato, tindik, penutup hidung-telinga-mulut, Mehndi, pacar, dan skarifikasi.

Semua jenis seni tubuh memiliki makna besar dalam budaya ini. Seni tubuh adalah bagian penting dari ekspresi sosial, spiritual, dan pribadi.

Body painting juga merupakan salah satu bentuk seni pertunjukan. Seniman seringkali memanfaatkan seluruh tubuhnya sebagai objek pameran dan dapat menghasilkan hasil yang luar biasa dan indah.

Seperti semua seni, seni lukis tubuh (atau seni tubuh), dilakukan untuk menimbulkan kritik atau komentar terhadap masyarakat. Terkadang, karya seni ini bisa mengejutkan, namun sangat jarang dianggap membosankan atau biasa saja. Seni tubuh sebagai bentuk seni visual bisa jadi bersifat pinggiran, sangat populer, dan sensasional.

Lukisan tubuh yang terbatas pada wajah dikenal dengan sebutan “lukisan wajah”. Lukisan tubuh juga disebut sebagai (salah satu bentuk) “tato temporer”. Lukisan berskala besar atau seluruh tubuh lebih sering disebut sebagai lukisan tubuh, sedangkan karya yang lebih kecil atau lebih detail terkadang dapat disebut sebagai tato temporer.



Bagaimana seni tubuh dilakukan

Body painting dapat dilakukan dengan berbagai jenis teknik. Cara melukis tradisional adalah dengan kuas. Ada berbagai jenis cat (cat minyak, pewarna alkohol, cat hybrid), tetapi seniman yang paling sering melukis tubuh menggunakan cat yang diaktifkan dengan air yang ditujukan untuk melukis wajah dan tubuh.

Perbedaan antara seni tubuh dan tato


Salon tato adalah hal pertama yang terlintas di benak kita ketika mendengar kata “seni tubuh”. Namun seni tubuh tidak melulu tentang tato. Body painting adalah salah satu bentuk seni tubuh yang memungkinkan Anda mengekspresikan kreativitas pada tubuh Anda tanpa menimbulkan kesan permanen atau menyakitkan seperti tato. Ini termasuk mengaplikasikan tanah liat berwarna, pewarna arang, atau tato henna pada tubuh dengan desain berbeda.

Seni kreatif melukis tubuh ini merupakan contoh nyata dari berbagai bentuk seni. Dalam hal body painting, seluruh tubuh adalah kanvas seniman yang dapat diubah menjadi sebuah karya seni yang luar biasa. Jika Anda seorang penggemar seni dan ingin memandikan kulit Anda dengan desain yang unik atau pemandangan yang menarik, berikut adalah beberapa desain body painting menakjubkan untuk menginspirasi Anda.

Search Alat Face Painting