Perbedaan Tattoo dan Body Painting?

[Indobodypainting] - Manakala Anda melihat suatu gambar atau simbol pada kulit tubuh orang akan nyeletuk Itu tattoo ya? Nah hal seperti itu bisa jadi itu hanyalah body painting. Jadi, apa perbedaan antara tattoo dengan Body Painting?


Terminologi tattoo berasal dari kata Tahitian: Tatu/Tatoo yang berarti "menandakan sesuatu". di Indonesia pada zaman kuno disebut Rajah . Rajah atau tattoo adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pewarna (pigmen) ke dalam kulit. Jika dilihat sepintas, orang-orang akan menganggap sebagai tattoo. Dan anggapan pada sebuah Tatto sebagai budaya asing. Sebenarnya tattoo telah ada di Nusantara sejak zaman Purba.


Mari kita cermati. Jika zaman dulu, orang yang memakai tatto dianggap identik dengan penjahat, dan orang nakal. Bahkan di ajaran agama Islam dan Kristen, mengharamkan pemakaian tattoo pada tubuh manusia. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman adanya tattoo sudah dianggap sebagai bagian dari fashion. Urban Culture.

Body painting

Body Painting berasal dari dua kata yaitu "Body" dan "Painting". Bisa diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi "Melukis Tubuh". Pengertian melukis di atas tubuh manusia, secara umum, Body Painting adalah menjadikan tubuh manusia sebagai kanvas (media) lukisnya.

Jenis Body Painting

Bodypainting terbagi dalam 2 jenis, Permanen dan Nonpermanen / Temporary.
  1. Permanen, dikenal dengan tato adalah melukis tubuh dengan menggunakan jarum sebagai mediator memasukkan tinta khusus kulit ke dalam kulit luar, terbaiknya adalah 3lapisan kulit. Hati-hati akan kebersihan, higienis dan sterilnya bila ingin menorehkan tatto / rajah dikulit anda. Pilih tempat studio / toko yang mempunyai standar higienisnya dan cek cara kerja artist tattoonya. Bila studionya dan pekerjanya masuk dalam kategori standar steril dan higienis, dan diperbolehkan konsultasi demi mendapatkan informasi sampai jelas dan puas maka tak usah ragu.
  2. Nonpermanen / Temporary. Ada beberapa kategorinya yaitu:

Bodypainting: menggunakan cat khusus kulit krim dan padat. Dilukiskan diseluruh kulit tubuh. Hasil sapuan catnya dapat dihapus hanya dengan menggunakan tisu basah dan daya tahannya hanya beberapa saat saja.

Facepainting: menggunakan cat krim dan padat. Dilukiskan diseluruh wajah. Hasil sapuan catnya bisa dihapus dengan menggunaan tisu basah dan hanya bertahan beberapa saat saja. Bisa juga dengan memakai alat kosmetik biasa, namun tentu saja mendapatkan hasil yang berbeda.

Henna Mehendi: menggunakan bahan dasar daun pacar atau lawsonia inermis yang diracik dengan campurannya, seperti kayu putih-teh hitam-minyak esensial-air jeruk-gula. Hasil warnanya adalah coklat. Bisa bertahan sampai 10 hari tergantung suhu tubuh pemakainya. Dan beberapa saat telah mengalami perkembangan produknya yang bisa diaplikasikan dengan berbagai warna. Lukis Henna adalah salah satu adat budaya tertua didunia termasuk di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia memakaikan henna pada calon pengantin pada malam sebelum menika: daerah Aceh, Minang, Palembang, Riau, Lampung, Betawi, Makasar.

Temporer Tattoo: memakai cat tinta berwarna hitam, hijau, biru, merah muda, marun, oranye.
Temporer tato pun ada 2 cara yang dipakai yaitu Tato Temporer Lukis dan Tato Temporer Airbrush. Yang keduanya sama-sama hanya bertahan maksimal sampai 2 minggu.

Teknik Pengerjaan

Bodypainting dikerjakan dengan menggunakan kuas dan cat khusus untuk kulit tubuh. Bahan cat biasanya berupa riasan yang umum dalam make-up. Produsen cat body painting pun biasanya diproduksi oleh perusahaan kosmetika.

Ragam Jenis Seni Tattoo

  • Tattoo Abstraksi, sebagian besar berasal dari tatto gaya kuno. Biasanya berwarna hitam atau abu-abudan digambar di sekitar pusar, dada dan betis.
  • Tato Naturalistik, digambarkan dengan gaya realistis. Cenderung berbentuk alami.
  • Tato Dedikasi, biasanya orang mentatto tubuhnya karena memiliki janji, terlalu sayang atau terlalu mengagumi seseorang. Misalnya dengan mengukir nama atau wajah orang tersebut di salahsatu bagian tubuhnya.
  • Tato Simple, tato ini tidak memiliki batasan dalam segi desain. Hampir semua bentuk dan setiap ukuran dapat dimasukkan dalam tipe ini, asalkan dianggap bergaya oleh pembuat tato.
  • Tato Kompleks, tato yang melibatkan desain yang jauh lebih rumit daripada yang lainnya. Juga dikenal sebagai tato kombinasi, terdiri dari penggabungan berbagai tato, membuat mereka jauh lebih mengesankan dan menarik daripada jenis dan desain lainnya.


Teknik pengerjaan Tattoo
Tattoo dikerjakan dengan menggunakan jarum dan tinta khusus. Dengan alat khusus tatto modern menggunakan hingga banyak jarum. Hasilnya sangat halus hingga bisa menghasilkan gradasi yang indah.

Demikian sekilas tentang Tattoo dan Body Painting.
Semangart Indonesia

Search Alat Face Painting